Keindahan pulau tidung

melanjutkan cerita dari perjalanan wisata saya ke pulau tidung pada tahun baru 2013 lalu. ketika di part 1 saya telah menceritakan perjalanan ketika berangkat hingga tiba. kali ini cerita di lanjutkan dengan serunya kegiatan disana. saya tidak akan terlalu banyak bercerita, saya akan banyak tampilkan foto-fotonya yang saya ambil di berbagai spot.

namun memang hasil upload fotonya nanti tidak setajam foto yang sebenarnya saya ambil karena si foto sudah saya kompres dulu size nya… :)

1. jembatan cinta

ini adalah spot terbaik dari pulau tidung ini, disinilah para watersport berkumpul, dari jet sky, banana boat, hingga snorkling. ada pula saung-saung, penjualan souvenir, hingga perenang yang terjun salto dari jembatan cinta.

jembatan cinta pulau tidung

foto.1 jembatan cinta

air jembatan cinta

foto.2 view air laut shoot dari atas jembatan cinta

view jembatan cinta

foto.3 view dari atas jembatan cinta

saung jembatan cinta

foto 4. saung-saung di area jembatan cinta, bisa buat duduk-duduk sambil makan bakso

photospot

foto 5. salah satu photo spot terlaris di pulau tidung

water sport facility

foto 6. ada banyak pilihan persewaan untuk menikmati water sport disana, ini salah satunya water sport facility di area jembatan cinta,

sore itu 30 desember 2012 jumlah pendatang di pulau tidung di perkirakan mencapai 400an orang, kata guide saya. menurut perkiraan mereka pada tanggal 31 desember akan datang lagi sekitar 800 wisatawan. oughhh…kebayang deh itu jembatan cinta bisa ga menampung orang sebanyak itu. jembatan cinta sebenarnya panjang, lebih menjorok ke tengah laut lagi, namun ketika kami kesana jalan menuju ke ujung nya sedang di perbaiki. sehingga wisatawan akhirnya tertumpuk di jembatan cinta saja. karena bagusnya view di jembatan cinta, jadilah banyak orang bertahan disana berlama-lama, dan akhirnya wisatawan lain susah deh mau menikmati keindahan yang sama. di tambah lagi ada banyak orang menikmati terjun salto dari atas jembatan. membuat saya tidak nyaman berlama-lama di atas jembatan cinta.

bagi anda yang ingin mencoba salto dari atas jembatan cinta, berhati-hatilah karena menurut cerita ada salah satu wisatawan salto terjun tanpa melihat situasi, tidak menyadari bahwa di bawah jembatan cinta ada jet ski akan melintas, sehingga terjadi insiden yang menyebabkan si perenang menderita patah tulang. selain jet ski, bagian bawah jembatan cinta juga di lintasi oleh banana boat yang di tarik oleh speed boat berkecepatan tinggi.

keadaan disini begitu sejuk, saya tidak menyadari bahwa semua foto yang saya ambil ini adalah pukul 14.00 siang hari, sama sekali tidak terasa panas terik, sehingga rasanya seperti pukul 17.30 sore hari.

kembali ke penginapan, istirahat dulu boci cuapekkkk buangettt…. next is waiting sunset…berhubung penginapan kami di sisi utara,,,yah jadinya sunset tidak terpampang nyata, melainkan ada di sisi kiri kami…akhirnya menemukan sebuah spot yang lumayan menarik buat photoshoot….

 di utara tidung

foto 7. sunset di utara pulau tidung

foto saat sunset ini saya ambil masih di tanggal 30 desember 2012, waktu itu suasana pulau tidung sudah mulai ramai, tapi tidak di titik ini, di utara pulau tidung memang sama indahnya, namun tepian pantainya agak kotor, kurang nyaman kalau di banding di timur dan barat tidung. tempat saya foto ini memang bukan spot wisatawan, hanya tepian pantai rumah penduduk dengan beberapa kapal nelayan merapat.

BBQ

foto 8. bakar ikan malam

ini adalah fasilitas dari travel saya, entah travel lain juga mendapatkan atau tidak. mereka menyebutnya sih dengan BBQ’an tapi entah kalo bakar-bakar ikan begini sama maksudnya dengan istilah BBQ sebenarnya,hehehe…tiap wisatawan memang memiliki guide masing-masing dengan jadwal acara berbeda.

goes to snorkling

foto 9. goes to snorkling

tanggal 31 desember 2012 adalah acara puncak travelling kami yaitu wisata laut. pagi pukul 08.00 kami sudah di pelabuhan yang letaknya saya perkirakan di timur laut Tidung. ini adalah lokasi persiapan kami. disini sudah berjajar banyak kapal untuk mengantar wisatawan ke wilayah seputar jembatan cinta untuk snorkling. sepertinya wilayah jembatan cinta memang spot terbaik pulau ini untuk wisata laut. Qorira putri kami pun kami ajak, sudah kami persiapkan pelampung khusus untuk usianya yang masih 2 tahun. sangat menyenangkan tatkala anak kami begitu antusias mengikuti semua kegiatan kami, dia gembira sekali. tampaknya dia sangat menyukai laut dan air, seperti mama nya, hehehe..

nah di foto 9 itu, akhirnya ada kesempatan tuh guide kami di foto walau cuma punggungnya. kok kayanya badannya kecil ya? memang kecil…wong dia masih kelas 4 SD. ayahnya juga tour guide sepertinya. anak kecil ini tinggal dan sekolah di jakarta bersama orang tuanya, namun neneknya tinggal di tidung dan sudah sedari kecil terbiasa di tidung. jadi dia sudah tau semuanya tentang tidung. bahkan orang tuanya selain bekerja di jakarta dan nyambi jadi guide, orang tuanya bocah kecil ini memiliki bisnis disitu yaitu water sport equipment yakni banana boat, dan keperluan snorkling ini.

setiap kapal yang berangkat di isi minimal 12 orang, bersama kami ada 9 orang lain dari travel yang di pandu oleh ayah nya si bocah guide kami tadi. sepertinya mereka dari etnis tiong hoa. pelabuhan ini panjangnya sekitar 50-100 meter menjorok ke tengah laut airnya jernihhh sekali. andaikan gak ada jadwal snorkling saya pasti akan photoshoot disana, hehehe….akhirnya kami berangkat pukul 09.00

kapal berhenti di kedalaman laut 8 meter dan sekitar 200 meter dari jembatan cinta. saya belom pernah snorkling sebelumnya, tapi saya rasa spot ini terlalu dalam, memang sih indah sekali di dalamnya tapi arusnya terlalu kencang. saya tidak begitu menikmati pemandangan bawah laut, tapi saya sibuk mempertahankan diri agar stabil mengapung dan bernapas. kata guide saya, memang ombak sedang besar, angin juga besar, di tambah lagi spot snorkling yang terlalu dalam menurut saya. anak saya pun akhirnya dapat jackpot disana, sepertinya masuk angin dengan angin yang kencang sekali. tetapi walau jackpot dia tetap semangat dan gembira. anak saya memang pecinta air, hehehe…

snorkling time

foto.10 time to snorkling (hayo saya yang mana)

liat kan dari warna air lautnya sih keliatan biru tua, artinya spot kami itu lumayan dalam. di bawah kapal saya bertengger itu ada sebuah batu karang besar, rasanya ingin sekali menyentuhnya, tapi saya agak sulit bernapas dan mengendalikan kaki katak saya yang lumayan berat, maklum saya baru pertama kali ini pake kaki katak di arus laut yang lumayan kuat, hehehe…gimana kalo saya nyoba scuba diving ya? bisa tenggelam gak timbul-timbul lagi, hehehe…

matahari sudah tinggi kan, saat itu sudah pukul 10.00 kami beranjak pulang. sebenarnya jadwal kami berikutnya adalah banana boat, tapi karena sore sebelumnya suami saya sudah mencoba dan banana boatnya terbalik, dan sakit nya kena hempasan tsb masih terasa maka suami saya tidak mengijinkan saya ikut banana boat. padahal saya penasaran. tapi memang sih para speed boat untuk banana boat di suruh untuk membuat ngepot para banana untuk merasakan sensasi selancar banana boat nya dan tercebur biar seru.. buat kalian yang suka atau baru ingin mencoba banana boat,,,jangan ragu-ragu,,,sensasinya itu loh…hehehe

taman

foto 11. taman depan kantor kelurahan

tujuan terakhir dari photoshoot saya adalah bagian barat pulau Tidung, penduduk menyebutnya pantai Saung. yang katanya lebih sepi. akhirnya saya kesana sekitar pukul 16.00 sore. berdandan sedikit untuk persiapan photoshoot. eh ternyata di tengah jalan saya bertemu lokasi taman ini. lumayan luas mungkin 20×20 meter kali ya. perkiraan kasar saya saja..hehe… ternyata setelah melihat sekitar taman ini adalah depannya Kantor kelurahan. buset dah…pulau terpencil ini walaupun hanya sebuah kelurahan di pulau kecil dan jauh dari jakarta tapi bangunannya bagus-bagus loh daripada kecamatan saya di Tamban yang cuma 1 jam dari pusat kota kalimantan Selatan :) *mupeng… penasaran ga? dateng aja ke Tidung.

habis foto-foto narsis di depan kantor kelurahan, lanjut lagi tuh ke saung. agak jauh dikit sih, tapi terbayar kok setelah sampai disana. sama indahnya dengan jembatan cinta, tapi disini sangat alami. saung-saung cuma ada dari bambu. warung saja cuma ada 1. tidak ada bentor disini, jadi bentor yang mengantar kami disuruh menunggu saja. pantainya dasarnya tidak bening…kenapa??? liat dulu

saung

foto.12 saung beach

keliatan gak kalo dasarnya pantai ini gak jernih? hayo kenapa? memang agak kurang jelas di kamera. yang jelas di bawahnya ada batu-batu karang, tapi bukan dominan…yang paling indah itu adalah tanaman rumput lautnya. bukan rumput laut yang buat agar-agar itu, hehehe..rumput laut yang daunnya seperti pandan itu dengan satu akar, entah jenis apa itu namanya ya. kalo di injak rasanya agak geli-geli kasar begitu..yah seperti anda kalo sedang menginjak rumput didaratan juga :) waktu saya kesana, cuaca agak mendung bahkan di selingi sedikit gerimis, sehingga agak gelap. tapi jujur saja dari semua tempat di Tidung saya paling comfort disini. sejuk, tenang, sepi, serasa pantai milik pribadi…

saung

foto 13. beningnya air Tidung

maaf ya kalo saya kebanyakan narsis di setiap foto-foto saya ;) ini adalah foto terakhir yang saya share, cuma buat nunjukin betapa jernihnya air disana, bening…jangan ragu untuk mencicipi eksotisme pulau tidung…sama sekali tidak mahal… ternyata apabila ada yang mengenal langsung guide asli pulau tidung, biayanya akan jauh lebih murah.

saya melihat di kamar penginapan saya, tawaran untuk wisata yang sama persis dengan saya yakni 3D 2N itu hanya seharga 300.000-400.000 sedangkan saya dapat harga dari jakarta dengan 2-3x lipatnya. kalo anda berani untuk naik langsung ke kapal di muara angke. anda tidak akan tersesat, toh tujuan pulang pergi kapal-kapal tersebut hanya ke satu pulau yang sama setiap saat. baru setelah sampai disana anda menggunakan travel lokal. anda bisa mengajak teman 2x lebih banyak dengan dana yang sama…

Happy travelling…..

sumber : http://ruliretno.blogdetik.com/2013/01/19/eksotisme-keindahan-pulau-tidung-part-2/